Puas Main Seharian di Ubud

Bali memang gak ada habisnya. Salah satu Pulau terindah di Indonesia ini selalu mempunyai  daya tarik bagi wisatawan dari seluruh dunia untuk selalu kembali lagi untuk menikmati keindahan di Bali.
Jujur, saya terakhir ke Bali tahun 2012, dan kembali lagi mengunjungi Bali di tahun ini. Selama enam tahun absen datang ke Bali, ternyata Bali mengalami banyak perkembangan dengan banyaknya tempat asyik untuk di kunjungi.
Tempat pertama yang saya kunjungi di Bali adalah kawasan Ubud. Memang Ubud tidak seramai kawasan Bali yang lain, seperti Legian, Kuta, Seminyak dan daerah lainnya yang punya banyak tempat jaman now.
Namun Ubud ini cocok banget bagi kalian yang ingin menyepi dari hingar bingar atau keramaian. Karena tempatnya yang cenderung sunyi. Meski begitu, banyak juga loh tempat wisata di Ubud yang bisa anda kunjungi hanya dalam waktu sehari saja, kalau semisal waktu anda untuk berlibur sangat terbatas.
Berikut beberapa tempat wisata, yang dapat anda kunjungi, dalam seharian di Ubud:
  1. Monkey Forest Ubud
Anda ingin melihat monyet yang menggemaskan? Monkey Forest Ubud atau Mandala Wisata Wenara Wana bisa dijadikan pilihan. Dari tempat saya menginap di kawasan Jalan Karna, Ubud, saya cukup berjalan kaki saja untuk mencapainya. Kira-kira jalan kaki sepanjang 1-2 km, anda sudah bisa menikmati cagar alam dan kompleks Candi yang berada di Desa Padangtegal Ubud , Bali. Nah disini, anda bisa melihat sebanyak kurang lebih 749 monyet ekor panjang. Dengan membayar tiket Rp50 ribu , anda bisa menikmati cagar alam yang ada di hutan seluas 12,5 hektare dengan ditemani oleh para monyet ekor panjang ini. Ada beberapa peraturan , di Monkey Forest Ubud ini, seperti tidak boleh menyentuh monyet, memberi makan dan sebagainya. Dan sebaiknya anda berhati-hati ya kalau datang kesini, karena monyetnya cukup agresif, tapi tetap lucu dan menggemaskan kok!
monyet ekor panjang di Monkey Forest Ubud, pic by Ghitabonita

 

Salah satu Monyet ekor panjang, melompat ke pengunjung di Monkey Forest Ubud, pic by Nik Photography
2. Tegalalang Terrace Rice Ubud
Tidak seperti daerah lainnya di Bali, memang Ubud tidak mempunyai pantai, namun banyak tempat yang tidak kalah cantiknya. Salah satunya yaitu Tegalalang Terrace Rice Ubud. Dengan mmbayar tiket masuk Rp10 ribu saja, Tegalalang Terrace Rice Ubud yang terletak di Jalan Raya Ceking Tegalalang , Ubud ini, anda akan dimanjakan dengan suguhan sawah yang hijau dan luas. Selain hamparan luas sawah hijau juga terdapat pohon kelapa yang nyiur melambai. Banyak juga kalangan blogger atau vloger datang ke tempat ini dengan membawa Drone, untuk mengabadikan pemandangan yang indah ini. Selain itu anda juga bisa berayun dengan mencoba Swing Ubud. Jadi anda bisa menikmati pemandangan dengan berayun di ketinggian tertentu dengan Rp100 ribu dengan total 15 di ayunkan. Tapi anda harus pastikan keamanan swing atau ayunan ini ya!
Salah satu spot di Tegalalang Terrace Rice Ubud, pic by Nik Photography
Salah satu spot indah di Tegalalang Terrace Rice Ubud, pic, by Nik Photography
Salah satu spot indah di Tegalalang Terrace Rice Ubud, pic by Nik Photography
Mencoba Swing di Ubud Terrace, pic by Nik Photography
3. Tirta Empul
Nah setelah menikmati yang hijau-hijau di Tegalalang Terrace Rice Ubud, anda bisa melanjutkan jalan-jalan di Ubud menunju ke Tirta Empul. Kira-kira dari Tegalalang Terrace Rice Ubud ke Tirta Empul memakan waktu tempuh sekitar 30 menit sampai satu jam. Tirta Empul sendiri merupakan Pura Hindu yang terletak di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Ubud, Bali. Tempat ini terkenal dengan air sucinya, dimana orang Hindu Bali, mencari penyucian dengan berendam atau madi sejenak di kolam yang berisi air suci tersebut. Dengan membayar tiket masuk Rp50 ribu, anda akan melihat pura atau candi Hindu yang sangat indah. Selain itu kalau anda ingin mencoba mandi atau berendam di air suci didalam kolam yang ada di candi tersebut anda harus menyewa sarung hijau dan loker untuk menyimpan semua barang anda. Setelah itu, anda bisa melepaskan baju anda lalu menggunakan sarung hijau tersebut, lalu berendam di kolam air suci itu. Pengalaman yang menyenangkan!
Salah satu spot yang berada di Tirta Empul, pic by Nik Photography

 

Pengunjung dan masyarakat berendam di kolam yang berada di Tirta Empul sambil berdoa, pic by Nik Photography
salah satu spot di kolam pemandian di Tirta Empul, dimana orang berendam dan juga berdoa, pic by Nik Photography
Persiapan untuk melakukan upacara keagamaan di Tirta Empul, pic by Nik Photography
4. Pasar Tradisional Ubud
Salah satu yang paling dinanti ketika anda jalan-jalan, tentu melihat berbagai souvenir khas dari tempat yang anda kunjungi tersebut. di Ubud sendiri, anda bisa mengunjungi Pasar Tradisional Ubud. disana lengkap banget, kalau seandainya anda mau membeli oleh-oleh untuk orang terkasih anda. banyak banget pilihan souvenir unik disini, mulai dari dress-dress lucu untuk wanita, tas dari kayu, berbagai pajangan-pajangan untuk hiasan rumah. Dan harganya pun jangan khawatir, terjangkau dan yang paling penting anda bisa menawarnya. jangan lupa mampir ya!
Salah satu spot di PAsar Tradisional Ubud yang menjual tas lucu dan unik. pic by Nik Photography
Suasana di Pasar Tradisional Ubud, pic by Nik Photography
Itu tadi, sejumlah tempat yang anda bisa kunjungi dalam waktu satu hari, di Ubud. Tempat-tempat yang indah dan seru, dan juga harganya juga terjangkau. Mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah, dan sejenak anda bisa menenangkan pikiran anda dari kesibukan dari pekerjaan anda selama ini. So Selamat berlibur ya gaes!

Leave a Reply