Jalan-Jalan itu Mahal! Mitos atau Fakta?

Banyak orang beranggapan kalau yang namanya travelling atau jalan-jalan itu mahal, alias ngabisin duit. Padahal kalau tahu trik-triknya, kita bisa jalan-jalan kemana pun yang kita pengen dengan biaya yang jauh lebih murah dari yang kita bayangkan.

Mau tahu trik-triknya? Berdasarkan pengalaman saya dari traveller amatiran ini, saya punya beberapa cara, yang lumayan bisa menekan budget pelesiran saya.

  1. Cari tiket pesawat jangan mendadak. Rencanakan perjalanan anda sedini mungkin, agar bisa punya waktu untuk cari tiket pesawat. Anda bisa coba cek di website seperti kayak.com, atau skyscanner.co.id untuk hunting tiket. Biasanya, tiket pesawat yang di booked jauh sebelum hari keberangkatan, akan jauh lebih murah dibandingkan membooking secara mendadak
  2. Jangan lelah untuk cari tiket promo. Yes, tiket promo merupakan koentji kita untuk menekan biaya pelesiran. Anda harus rajin-rajin cek harga tiket, atau anda bisa ke travel fair yang sekarang sering banget diadakan. Memang sih akan sangat menguras tenaga, dengan antriannya yang sangat mengular, tapi ketika kita dapetin tiket murah ke tujuan yang kita mau, percaya deh its worth it!
  3. Ini juga penting nih. Memang akomodasi, terutama di negeri dunia biru tidak murah. Tapi kita bisa juga menginap di Hostel atau Dorm. Hostel memang lebih terjangkau dibandingkan dengan hotel. Hostel jauh lebih sederhana, tapi tetap nyaman kok. Nah untuk Dorm , anda akan satu kamar dengan banyak traveller lainnya. Dengan tempat tidur yang bertingkat, anda akan sharing satu ruangan dengan traveller lainnya. Sejauh pengalaman saya, dorm itu cukup nyaman, malah kita bisa berkenalan dengan berbagai traveller dari seluruh dunia, dan itu seru banget, karena bisa saling bertukar pengalaman dan informasi. Tapi tetap harus waspada juga ya terhadap barang-barang anda. jangan meninggalkan barang berharga ketika anda akan pergi keluar dorm. Mau tahu rata-rata harga Hostel atau Dorm? Coba cek di Booking.com, agoda, atau situs lainnya.

 

Sacre-Coeur, Paris, France, Foto: Ghita Bonita

4. Gunakan kendaraan umum. Kalau anda berpergian ke benua Eropa misalnya, anda lebih baik menggunakan kendaraan umum, atau sarana transportasi umum disana. Karena kalau anda menggunakan taxi, itu akan sangat mahal sekali. Pada umumnya sarana transportrasi public di Eropa sana, seperti Mass Rapid Transit (MRT), Light Rapid Transit (LRT)  sudah cukup nyaman. Ditambah lagi orang-orang disana cenderung disiplin dan juga teratur, menjadikan anda akan nyaman menggunakan transportasi public itu. Asal anda tahu tujuan anda akan kemana, anda dijamin tidak akan nyasar. Tapi kalau yang namanya nyasar waktu jalan-jalan itu sudah biasa kan?hehe.

5. Untuk makanan, tergantung kemana anda pergi. Kalau ke wilayah Asia, harga makanannya cenderung ramah dikantong, tapi kalau anda bepergian ke Eropa makan di restoran bisa menguras kantong anda. kalau saya sih ketika pergi ke benua Eropa, saya akan mencari restoran Asia, atau sekedar makan burger atau kebab. Selain harganya ramah dikantong, lumayan juga cukup menyenangkan kok!

Nah itu tadi sekedar tips and trik untuk menekan biaya pelesiran anda. Percaya deh travelling itu sangat amat menyenangkan. Kita bisa melihat seluruh dunia, bertemu dengan banyak orang baru, mengenal budaya dan tradisi yang berbeda dari Negara kita sendiri itu priceless dibandingkan dengan uang yang harus kita keluarkan. So, selagi masih ada kesempatan, kenapa tidak untuk kita bisa melihat terus indahnya dunia ini. Selamat jalan-jalan!

 

Leave a Reply